Monday 8 June 2009

Soekarno Sang Penggagas Jembatan Suramadu


JAKARTA - Saling klaim dibalik keberhasilan pembangunan Jembatan Suramadu menjadi salah satu isu dalam pertarungan Pilpres 2009.


Kubu Megawati mengklaim jembatan penghubung Surabaya dan Madura itu dibangun pada masa pemerintahannya. Adapun sang penggagas ide pembangunan adalah Presiden Pertama RI Soekarno.

"Disikapi oleh Soeharto dan kemudian dibangun pada masa Megawati. Begitulah sejarah panjang pembangunan Jembatan Suramadu," ungkap Amran Nasution Direktur Mega-Prabowo Media Center dalam rilisnya kepada okezone di Jakarta, Selasa (9/6/2009).

Sedangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hanya bertindak selaku pihak yang meresmikannya pada 10 Juni besok. Menurut Amran Megawati yang seharusnya mendapat apresiasi atas pembangunan Suramadu.

Sebab, sebagai Presiden RI Megawati yang mencanangkan dan meresmikan tiang pancang Suramadu dilakukan pada Rabu, 20 Agustus 2003. Mega juga bertindak selaku presiden yang meresmikan bentang tengah Jembatan Suramadu di Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, pada Jumat, 2 Juli 2004.

Kala itu Megawati sebagai Presiden, memerintahkan Menteri Pemukiman dan Prasarana Wilayah Sunarno untuk mempercepat pembangunan jembatan Suramadu. Dalam sambutannya saat itu Mega menyatakan Suramadu akan selesai pada akhir 2006.

Jembatan Suramadu sepanjang 5.438 meter itu, di era Megawati biaya pembangunannya dianggarkan Rp2,82 triliun. Namun berdasarkan informasi berbagai sumber, ternyata biaya pembangunan Suramadu menjelang diresmikan penggunaannya oleh Presiden SBY mencapai Rp4,5 triliun. "Waktu pengerjaannya pun molor hingga enam tahun," ujarnya.

Meski begitu, hal tersebut tidak menjadi persoalan. Kubu Mega hanya ingin jembatan Suramadu digratiskan agar masyarakat miskin pun bisa merasakan hasil pembangunannya. "Pemerintah juga harus mencarikan solusi kepada masyarakat yang kehilangan mata pencarian akibat beroperasinya Jembatan Suramadu," ungkapnya.

Muhammad Saifullah - Okezone

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com